Rabu, 13 Februari 2013

Banyak Makan Tapi Tetap Kurus

Salam buat temen-temen yang asih setia untuk stay di blok saya yang jauh dari kata perfect ini.
Yuups...kali ini saya akan update lain dari pada biasanya, karena kali ini saya akan sedikit bercerita tetapi berdasarkan fakta...hehe. Inilah fakta-fakta yang mungkin cukup menarik untuk disimak. Barang kali anda juga mengalaminya. Walaupun sebenarnya materi ini sudah dijelaskan di SMA...hhee

Yahh..semua bermula saat kuliah tadi pagi. Awalnya di perkuliahan kami mendapat topik mengenai Sistem Endocrine. Dan pada saat perkuliahan ini ada satu topik yang menarik perhatian saya yaitu "Mengapa orang yang makan banyak tapi tetap kurus ?" Saya tertarik dengan pertanyaan ini karena bisa dibilang hal ini juga saya alami...hhee. Langsung saja sang dosen menjelaskan apa sih yang sebenarnya terjadi...
Dan ternyata metabolisme-lah yang berperan memainkan peran penting ini. Dijelaskan bahwa hal tersebut dapat terjadi karena ANABOLISME > dari KATABOLISME tubuh kita. Mengapa bisa demikian ? Orang yang banyak makan tetapi tetap kurus berarti memiliki sistem metabolisme yang sangat tinggi. Sistem metabolisme yang sangat tinggi ini membuat makanan lebih cepat dicerna dan membakar kalori lebih besar dari metabolisme rata-rata, sehingga tidak menyebabkan adanya timbunan lemak di tubuh.
Yups...mulai dari sini jelas sekali dengan pelajaran yang saya dapat saat di SMA. Kita tau bahwa anabolisme adalah reaksi metabolisme yang menggunakan energi untuk membangun molekul-molekul sederhana menjadi molekul komplek.Sedangkan katabolisme adalah reaksi metabolisme yang melepaskan energi untuk merombak molekul komplek menjadi molekul sederhana. Dengan kata lain, molekul-molekul hasil dari proses katabolisme tadi seharusnya disimpan sebagai cadangan energi saat dibutuhkan. Akan tetapi sebagai akibat dari proses anabolisme yang berlebihan mengakibatkan molekul-molekul yang seharusnya disimpan tadi diubah kembali untuk menghasilkan energi yang dibutuhkan. Sehingga ketidak seimbangan antara Anabolisme dan Katabolisme ini menyebabkan mengapa badan seseorang yang walupun banyak makan tetapi tetap kurus...hehehe...kebanyakan gerak kali tuw orang sampek membutuhkan energi yang begitu besar. Akan tetapi jangan salah sangka dulu...tentu saja ada banyak faktor lain yang berpengaruh seperti proses penyerapan makanan,pola istirahat, olahraga dan lain-lain yang perlu diperhatikan.


Itu tadi adalah sepenggal cerita yang saya sebut dengan Science Story...hehehehehe
Semoga update saya kali ini dapat berguna bagi para pembaca, followers atau apalah yang suka mengunjungi blog saya.
Salam bloggers...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar